Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat

Rumah yang sehat harus terjaga kebersihannya agar kenyamanan tetap dimiliki setiap penghuni rumah. Tetapi banyak yang belum memahami bagaimana cara membersihkan rumah dengan cepat. Hal itu membuat pemilik rumah hanya membersihkan sela-sela bagian yang terlihat saja. Berikut ini tips membersihkan rumah untuk pemilik dengan cepat dan mudah.

Cara membersihkan Rumah dengan Cepat

Membersihkan rumah bisa menjadi hal yang membosankan bagi beberapa orang. Hal itu disebabkan karena aktivitas yang dilakukan cukup sulit. Berikut ini 7 cara membersihkan rumah dengan cepat tanpa membuang waktu banyak yang bisa Anda terapkan.

1. Bersihkan dari bagian yang sulit dijangkau

Dalam membersihkan rumah yang baik Anda harus melakukannya pada semua sisi area yang terkecil sampai besar. Sayangnya cara membersihkan rumah dengan cepat tidak menghiraukan bagian tersebut dan hanya mementingkan pada barang yang terlihat.

Cobalah dengan membersihkan area kecil dengan sapu agar lebih mudah dijangkau. Jika memungkinkan, membersihkan sudut rumah bisa dengan menggeser beberapa barang terdekat agar area lebih besar.

Setelah bagian yang sulit dijangkau sudah bersih, pemilik rumah bisa melanjutkan pada area yang lebih luas. Hal ini memungkinkan agar debu tidak menyebar jika membersihkan area luas terlebih dahulu.

2. Gunakan Teknik membersihkan dari atas ke bawah atau kanan ke kiri

Dalam membersihkan rumah harus dilakukan dari atas ke bagian bawah agar kotoran dan debu bisa jatuh dan mudah disapu. Selain itu lakukan secara satu arah yaitu dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Teknik tersebut memudahkan pemilik rumah agar debu dan kotoran yang ada pada barang bisa terjatuh dan tersapu dengan mudah. Hal itu juga mencegah pembersihan dua kali pada barang yang ada di bagian bawah jika dilakukan pertama.

3. Dahulukan membuang sampah

Sebelum melakukan apapun, cara membersihkan rumah dengan cepat yang perlu diperhatikan adalah membuang sampah. Sebelum mengepel lantai ada baiknya mengumpulkan semua sampah yang sudah Anda sapu untuk dibuang.

Setelah sampah terkumpul, buang terlebih dahulu baru memulai mengepel lantai. Sebab jika lantai basah karena sampah, pemilik rumah harus mengepel kembali. Sehingga cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah membuang sampah dahulu baru mengepel lantai.

4. Bersihkan debu

Bersihkan debu yang menempel pada benda maupun sarang laba-laba yang ada di antara dinding dan barang. Cara membersihkannya bisa menggunakan kemoceng untuk sarang laba-laba atau debu yang sulit Anda jangkau. Selain itu gunakan lap basah untuk menghilangkan debu pada meja, perabot rumah, kaca yang sering Anda gunakan. Gunakan lap kering agar bekas air tidak menjadi noda di perabotan.

Baca Juga: Dampak Green Lifestyle pada Kesehatan Tubuh

5. Mulai dari menyapu

Jika semua debu dan kotoran selesai Anda bersihkan, langkah selanjutnya adalah menyapu. Cobalah untuk menyapu lantai dari area kamar lalu keluar. Setelah itu bersihkan kolong lemari, meja, kasur, dan lainnya untuk menghindari kotoran dan debu yang menumpuk.

Setelah menyapu selesai, pindahkan semua kotoran dalam satu pengki dan buang sampah sebelum mengepel lantai. Sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.

6. Letakkan kembali barang sesuai tempatnya

Jika ada barang yang Anda pindahkan, letakkan kembali pada posisi semula. Hal itu bisa mempermudah dalam melihat sisi bagian yang masih kotor. Selain itu meletakkan barang kembali bisa membuat penampilan rumah menjadi rapi.

7. Kumpulkan alat pembersih di satu tempat

Jika membersihkan semua area rumah dan perabotan selesai Anda lakukan. Langkah terakhir adalah kumpulkan kembali alat pembersih di satu tempat yang sama. Tujuannya adalah agar mempermudah dalam pemakaian dan mencari alat pembersih rumah.

Cara membersih rumah dengan cepat bisa Anda lakukan asalkan memahami apa yang harus Anda lakukan sebelumnya. Sehingga celah pada rumah tidak ada yang tertinggal dari perhatian pemilik rumah untuk dibersihkan.

Tinggalkan komentar