Ini 3 Dampak Green Lifestyle untuk Kesehatan Tubuh

Sudah tahukah Anda dampak green lifestyle untuk kesehatan tubuh? Tidak sedikit orang yang mungkin masih merasa asing dengan green lifestyle. Green lifestyle merupakan salah satu jenis gaya hidup yang ramah lingkungan. Maksudnya, gaya hidup ini dilakukan untuk mencoba mengurangi penggunaan sumber daya alam.

Dengan kata lain, gaya hidup ini menitikberatkan pada kepedulian bumi. Beberapa contoh dari gaya hidup tersebut adalah menghemat penggunaan listrik, menghemat penggunaan bahan bakar minyak, menerapkan konsep 3R, memaksimalkan penggunaan transportasi umum, sampai tindakan reboisasi.

Dampak Green Lifestyle untuk Kesehatan Tubuh

Menerapkan gaya hidup green lifestyle di era modern seperti sekarang menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, seiring berkembangnya teknologi, semakin hadir pula alat yang bisa membantu memuaskan kebutuhan manusia.

Misalnya smartphone, kendaraan motor, mobil, sampai perangkat elektronik. Padahal, menerapkan gaya hidup ini bisa memberikan sejumlah dampak positif, terutama untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa dampaknya.

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat Karena Olahraga

Salah satu manfaat atau dampak positif dari gaya hidup green lifestyle adalah membuat tubuh lebih sehat. Hal ini karena salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat ini adalah dengan memaksimalkan penggunaan transportasi umum. Alhasil, penggunaan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil akan berkurang.

Satu-satunya kendaraan selain kendaraan umum yang bisa Anda miliki adalah sepeda. Hal ini karena sepeda tidak akan menyebabkan polusi atau pencemaran udara. Alhasil, saat seseorang mempunyai sepeda, tentunya tubuh akan lebih sehat dan aktif. Selain itu, Anda juga bisa berjalan kaki sebagai solusi untuk membuat tubuh terasa lebih sehat.

Tidak hanya itu saja, menerapkan hidup ramah lingkungan bisa dilakukan dengan berkebun. Aktivitas ini selain menghasilkan kegiatan yang positif, tapi juga membuat tubuh lebih sehat karena berkeringat. Ditambah lagi, cara ini bisa membantu menghemat pengeluaran untuk membeli produk lokal atau makanan organik.

Baca Juga: Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat

2. Tidak Menimbulkan Polusi

Dampak green lifestyle untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan adalah tidak terganggunya saluran pernapasan. Bagi seseorang yang mempunyai penyakit asma, tentu akan merasa kesulitan saat berdekatan dengan debu atau polusi. Nah, dengan menerapkan gaya hidup green lifestyle, Anda pasti akan terbebas dari penyakit tersebut.

Hal ini karena pencemaran udara bisa lebih berkurang. Apalagi  reboisasi terus dilakukan sehingga udara yang ada terasa lebih bersih. Tentunya tindakan tersebut akan membuat kesehatan tubuh lebih terjaga. Selain itu, udara yang sehat bisa membuat masyarakat tidak rentan karena sakit.

3. Mengurangi Risiko Gangguan Kesehatan

Dampak positif lainnya yang bisa masyarakat dapatkan saat menerapkan gaya hidup green lifestyle adalah mengurangi risiko gangguan kesehatan. Hal ini karena gaya hidup sehat akan mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak konsumsi makanan organik. Mengkonsumsi daging secara berlebihan tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan.

Makanan organik dinilai enak dan sehat karena bebas pestisida. Selain itu, memilih sayuran dan buah organik juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan. Tidak hanya itu saja, green lifestyle bisa Anda terapkan dengan menghindari makanan dalam kemasan.

Seperti yang diketahui, makanan dalam kemasan biasanya mengandung sodium, gula, dan kalori yang berlebih. Kandungan tersebut bisa menyebabkan masalah pada tubuh jika Anda konsumsi secara terus-menerus. Secara tidak langsung, gaya hidup itu bisa mengurangi risiko mengalami penyakit jantung, obesitas, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

Melihat dampak positifnya terhadap kesehatan tubuh, tidak ada salahnya untuk mulai menerapkan green lifestyle. Dampak green lifestyle untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan dengan konsisten untuk hidup sehat. Jadi, apakah Anda ingin mencobanya?

Tinggalkan komentar